Manajemen Penggunaan Gadget pada Anak

Oleh. Fitriyah Permata

Zaman sekarang dimana teknologi telah berkembang pesat, terutama pada teknologi komunikasi yang diwujudkan dalam smart phone, hampir setiap orang memilikinya, baik di desa ataupun di kota. Smart phone tak hanya digunakan oleh orang dewasa, anak-anak pun menggunakannya. Banyak aplikasi yang menawarkan hiburan untuk anak.

Banyaknya aplikasi yang menawarkan hiburan membuat anak-anak betah untuk menggunakan gadget. Tak jarang mereka sampai lupa waktu untuk bermain bersama teman-temannya, untuk belajar, dan juga beribadah. Karenanya, perlu dilakukan manajemen penggunaan gadget pada anak. Tujuannya agar anak tidak menjadi kecanduan dan menjadi anak yang tidak bersosialisasi.

Berikut tips manajemen gadget yang disampaikan oleh Ustadz Bendri Jaysusrahman dari akun instagram beliau @ajobendri:

1. Waktu
Sepakatilah dengan anak waktu-waktu terlarang dalam penggunaan gadget. Misalnya Subuh sampai syukur atau Maghrib sampai isya

2. Lokasi
Sepakatilah lokasi yang anak tidak boleh menggunakan gadget. Misalnya di kamar tidur dan kamar mandi.

3. Durasi
Sepakatilah durasi penggunaan gadget dalam 1 hari. Berdasarkan penelitian, anak maksimal hanya boleh menggunakan gadget selama 1,5 jam.

4. Aplikasi
Sepakatilah aplikasi apa saja yang boleh diinstal dan tidak boleh diinstal. Sepakatilah juga dengan anak untuk wajib meminta izin sebelum mengisntal aplikasi baru.

5. Situasi
Sepakatilah situasi yang kita tidak boleh menggunakan gadget. Misalnya saat makan bersama, saat mengaji, saat belajar, saat di tempat ibadah, saat pertemuan keluarga.

Pengaplikasian beberapa kesepakatan di atas akan menjadikan waktu penggunaan gadget anak lebih terkontrol. Selain itu, kesepakatan itu akan melatih anak untuk disiplin dengan komitmen yang telah dibuat. Semoga tips di atas bermanfaat.

Wallahu a’lam bishowab.

Dibaca

 69 total views,  1 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi