๐Ÿ“Œ Baqi’ al-Gharqad

Baqi’ al-Gharqad adalah tanah kuburan sejak zaman Jahiliyah sampai sekarang. Jamaah haji yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi’, letaknya di sebelah timur dari Masjid Nabawi.

Di tempat itu dimakamkan Usman bin Affan Ra. (Khalifah III), dan para istri Nabi Muhammad Saw., yaitu Siti Aisyah Ra., Ummi Salamah Ra., Juwairiyah Ra., Zainab Ra., Hafsah binti Umar bin al-Khattab Ra. dan Mariyah al-Qibtiyah Ra. Putra dan putri Rasulullah Saw. di antaranya Ibrahim, Siti Fatimah, Ummu Kulsum.

Demikian pula Ruqayya Halimatus Saโ€™diyah ibu susu Rasulullah Saw. Di sini pula dimakamkan Ulama Thabiin Khubra Imam Nafi (guru Imam Malik bin Anas). Sahabat yang mula-mula dimakamkan di Baqiโ€™ ialah Abu Umamah, Hasan bin Zararah dari kaum Anshar dan Usman bin Mazโ€™un dari golongan Muhajirin.

Dikenal dengan nama Baqiโ€™ al-Gharqad karena disini dahulu kala tumbuh pohon-pohon Gharqad (gerumbul-gerumbul pohon Gharqad/sejenis pohon-pohon yang berdaun kecil dan berduri). Di Baqiโ€™ Al Gharqad ini Rasulullah Saw. membaca salam/doโ€™a sebagai berikut:

ุงูŽู„ุณู‘ูŽู„ูŽุงู…ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุฏูŽุงุฑูŽ ู‚ูŽูˆู’ู…ู ู…ูุคู’ู…ูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฃูŽุชูŽุงูƒูู…ู’ ู…ูŽุง ุชููˆู’ุนูŽุฏููˆู’ู†ูŽ ุบูŽุฏู‹ุง ู…ูุคูŽุฌู‘ูู„ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ุฅูู†ู’ ุดูŽุงุกูŽ ุงู„ู„ู‡ู ุจููƒูู…ู’ ู„ูŽุงุญูู‚ููˆู’ู†ูŽุŒ ุงูŽู„ู„ู‘ู‡ููู… ุงุบู’ููุฑู’ ู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู ุงู„ู’ุจูŽู‚ููŠู’ุนู ุงู„ู’ุบูŽุฑู’ู‚ูŽุฏู’. (ุฑูˆุงู‡ ู…ุณู„ู…)

“Mudah-mudahan sejahtera atas kamu sekalian wahai (penghuni) tempat kaum yang beriman! Apa yang dijanjikan kepadamu yang masih ditangguhkan besok itu, pasti akan datang kepadamu, dan kami Insya Allah akan menyusulmu. Ya Allah! Ampunilah ahli Baqiโ€™ Al Gharqad.” (HR. Muslim)

Yuana Ryan Tresna
Madinah, 20 Ramadhan 1444 H

#JejakRasul

Dibaca

Loading

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi