Raudhah dan Mihrab

Raudhah

Raudhah adalah suatu tempat di dalam Masjid Nabawi yang letaknya ditandai tiang-tiang putih, berada di antara rumah Siti Aisyah (sekarang makam Rasulullah saw.) sampai mimbar.

Luas Raudhah dari arah timur ke barat sepanjang 22 m dan dari utara ke selatan 15 m. Raudhah adalah tempat yang makbul untuk berdo’a. Sabda Rasulullah saw.:

مَا بَيْنَ حُجْرَتِي وَمِنْبَرِيْ رَوْضَةٌ مِنْ رِياَضِ الجَنَّةِ. (رَوَاهُ البُخَارِيّ و مُسْلِمٌ)

“Antara rumahku dengan mimbarku adalah Raudhah (taman) di antara taman-taman surga.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Mihrab

Masjid Nabawi mula-mula tanpa mihrab. Mihrab pertama dibangun tanggal 15 Sya’ban tahun ke-2 H setelah Rasulullah saw. menerima perintah memindahkan arah kiblat dari Baitul Maqdis di Yerussalem ke Baitullah di Makkah.

Mihrab yang sekarang ini, seluruhnya ada 5 buah yaitu:

1. Mihrab Nabawi
Letaknya di sebelah timur mimbar. Tempat ini mula-mula dipakai untuk imam waktu Rasulullah saw. memimpin salat. Mihrab yang sekarang ini hadiah dari Al-Asyraf Qait Bey dari Mesir.

2. Mihrab Sulaiman
Letaknya di sebelah kiri mimbar, bentuknya sama dengan bentuk Mihrab Nabawi. Ini dibangun pada tahun 938 H merupakan hadiah dari Sultan bin Salim dari Turki.

3. Mihrab Usmani
Letaknya di tengah-tengah dinding arah kiblat yang sekarang digunakan imam memimpin salat berjamaah.

4. Mihrab Tahajjud
Letaknya di sebelah utara jendela makam Rasulullah saw., bentuknya lebih kecil dari Mihrab Nabawi maupun Mihrab Sulaiman. Di tempat ini, Rasulullah saw. sering melakukan salat Tahajjud dan mihrab ini mengalami perubahan pada zaman Sultan Abdul Majid.

5. Mihrab Al Majidi
Letaknya di sebelah utara Dakkatul Agawat, jaraknya lebih kurang 4 meter. Dakkatul Agawat itu tempatnya agak meninggi antara Mihrab Tahajjud dan Mihrab Al-Majidi, panjangnya 12 m, dan tingginya 0,5 m. Di tempat ini dahulu tempat berkumpulnya fakir miskin ahlus suffah.

Madinah, 21 Ramadhan 1444 H
Yuana Ryan Tresna

#JejakRasul

Dibaca

Loading

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi