Bayang-Bayang pun Bersujud

Oleh. Lilik Yani

Semua makhluk di langit dan di bumi bersujud kepada Allah. Apakah itu dengan sukarela maupun terpaksa karena kita adalah hamba Allah. Dimana kita diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah semata. Jadi, tidak ada pilihan kecuali taat menjalankan perintah Allah.

Jika demikian seharusnya, maka mengapa harus terpaksa untuk taat? Tentunya tak enak menjalaninya jika harus terpaksa.

Arini yang awalnya belum pernah bergabung dengan program One Day One Juz atau tilawah satu hari satu juz, tak bisa membayangkan betapa beratnya, serasa tak mungkin terlaksana. Kini, Arini bukan hanya ikut ODOJ pada umumnya, tapi ODOJ Plus Plus. Selain tilawah satu hari satu juz, ditambah membaca terjemah dan ditambah menulis ayat berkesan sebagai bentuk presensi.

Awalnya berat, rasanya tak bisa khatam bulan ini. Kekuatan komitmen membuat ia bangkit, bahwa jika sudah komitmen harus ditunaikan semaksimal bisa. Maka, Arini pun sampai hari ini tetap istikamah. Bahkan ia mengajak ibunya, Bunda Sarah ikut challenge juga.

Momentum bulan pilihan, menjadikan umat Islam semua bangkit untuk meningkatkan ketaqwaan, menambah keimanan. Maka umat dengan ringan akan menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya

MasyaAllah momentum Ramadhan akan membuat semua peserta bangkit. Berjuang menaklukkan challenge. Berupaya semaksimal bisa agar ada jejak Ramadhan yang nantinya akan menjadi hujjah bahwa kita pernah berjuang bersama.

**

Bisa dibayangkan jika semua makhluk sujud kepada Allah, bahkan bayang-bayang kita pun bersujud, betapa malunya jika kita malas atau suka menunda dalam menjalankan kebaikan.

QS. Ar-Ra’d Ayat 15

وَلِلّٰهِ يَسۡجُدُ مَنۡ فِى السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ طَوۡعًا وَّكَرۡهًا وَّظِلٰلُهُمۡ بِالۡغُدُوِّ وَالۡاٰصَالِ ۩‏

Wa lillaahi yasjudu man fis samaawaati wal ardi taw ‘anw wa karhanw wa zilaaluhum bilghuduwwi wal aasaal

“Dan semua sujud kepada Allah baik yang di langit maupun yang di bumi, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa (dan sujud pula) bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari.”

Hanya kepada Allahlah manusia pantas memanjatkan doa. Karena itu, hanya kepada Dia pula seharusnya makhluk bersujud dan merendahkan diri. Semua makhluk sujud kepada Allah, baik makhluk yang ada di langit maupun makhluk yang ada di bumi, baik dengan sadar dan kemauan sendiri, maupun dengan cara terpaksa; dan bersujud pula bayang-bayang mereka, pada waktu pagi dan petang hari.

Ayat ini menegaskan bahwa hanya kepada Allah semua malaikat, jin, dan manusia yang beriman tunduk, sujud, dan patuh, baik dalam keadaan lapang maupun sempit, yang berada di langit dan di bumi, rela dan ikhlas dengan kemauan sendiri.

Sedangkan orang-orang kafir hanya tunduk dan patuh apabila dalam keadaan darurat atau terdesak, seperti dalam firman Allah:

“Dan apabila kamu ditimpa bahaya di lautan, niscaya hilang semua yang (biasa) kamu seru, kecuali Dia.” (QS Al-Isra: 67)

“Maka, apabila mereka naik kapal, mereka berdoa kepada Allah dengan penuh rasa pengabdian (ikhlas) kepada-Nya, tetapi ketika Allah menyelamatkan mereka sampai ke darat, malah mereka (kembali) mempersekutukan (Allah).” (QS Al-Ankabut: 65)

Allah menjelaskan bahwa bukan hanya tubuh-tubuh mereka saja yang tunduk, sujud, dan patuh kepada Allah, tetapi sujud pula bayang-bayang mereka di waktu pagi dan petang. Setiap benda yang kena sinar matahari terutama di waktu pagi dan petang tentu kelihatan bayang-bayangnya memendek atau memanjang. Semua benda dan bayang-bayangnya tunduk kepada Allah, baik dengan kemauan sendiri maupun terpaksa. Hal ini menunjukkan kekuasaan Allah yang Mahasempurna.

Bismillah, semoga kita senatiasa berjuang demi menjalankan ketaatan kepada Allah. Jangan sampai kalah dengan bayang-bayang yang sudah taat untuk bersujud kepada Allah baik dengan terpaksa maupun suka cita.

Wallahu a’lam bishshawwab

Surabaya, 13 April 2022

Dibaca

 11 total views,  1 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi