Fastabiqul Khoirot (Challenge Akhirat)

Oleh. Choirin Fitri

Bestie, cung dong yang suka ikutan challenge! Seru enggak sih? Pasti menantang adrenalin banget ya!

Apalagi saat ini, di mana-mana bertebaran challenge. Dari yang bermanfaat, sekadar lucu-lucuan, hingga yang nirmanfaat. Semua ada dan diminati. Kalau kamu suka yang mana?

Keseruan challenge ini memang di daya tawarnya sebagai pemacu adrenalin. Orang-orang yang ikut challenge bakal semangat untuk berlomba menghadirkan yang terbaik sesuai dengan kriteria challenge yang ia ikuti. Maka, tak heran jika saat ini ada banyak orang, perusahaan, atau organisasi yang bikin challenge seru untuk memacu keaktifan anggotanya.

Lihat aja di berbagai platform medsos yang nangkring di layar HP-mu! Bisa dipastikan ada saja info challenge yang nongol. Tinggal kita pilih aja yang sesuai dengan kemampuan dan kemauan.

Sayangnya, saat ini challenge yang viral lebih banyak seputar joget sana-sini, pamer apa pun yang dimiliki, hingga unboxing berbagai hal. Unboxing yang paling mengerikan tentu buka aurat atau saat berhubungan dengan pasangan. Idih, asli bikin miris.

Padahal, Allah sebagai Pencipta dan Pengatur kita enggak mau lho kita berlomba-lomba dalam keburukan. Why? Coz, selain menambah dosa juga bisa menggiring orang lain terinspirasi keburukan yang kita lakukan. Ngeri lho kalau sampai jadi dosa jariah. Iya enggak sih?

Bestie, Allah sebagai Rabb alam semesta sebenarnya telah membuatkan challenge spesial buat kita. Challenge yang hadiahnya enggak bakal bisa dibeli atau diberikan oleh makhluk bernama manusia, kayak kita. Hadiah itu adalah surga seluas langit dan bumi. Mau?

Allah berfirman dalam ayat cinta-Nya surah Ali-Imran:133 yang berbunyi:

وَسَارِعُوْٓا اِلٰى مَغْفِرَةٍ مِّنْ رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمٰوٰتُ وَالْاَرْضُۙ اُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِيْنَۙ

“Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang-orang yang bertakwa,”

Catet ya, Sob! Allah menyuru kita bersegera. Artinya Allah meminta kita cepet-cepetan meraih ampunan-Nya plus surga yang seluas langit dan bumi. Hayo asyik atau asyik banget challenge dari Allah ini?

Hadiah paling kerennya juga dipamerkan Allah di akhir ayat. Surga bagi mereka yang bertakwa. Mereka yang siap sedia menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya. Itu berarti challenge yang Allah buat adalah challenge kebaikan. Bukan keburukan. Sepakat ya?

Challenge ini diperkuat dengan firman Allah pula dalam surah Al-Baqarah ayat 148. Di ayat ini Allah dengan terang benderang meminta kita berlomba-lomba dalam kebaikan:

وَلِكُلٍّ وِّجْهَةٌ هُوَ مُوَلِّيْهَا فَاسْتَبِقُوا الْخَيْرٰتِۗ اَيْنَ مَا تَكُوْنُوْا يَأْتِ بِكُمُ اللّٰهُ جَمِيْعًا ۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

“Dan setiap umat mempunyai kiblat yang dia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan. Di mana saja kamu berada, pasti Allah akan mengumpulkan kamu semuanya. Sungguh, Allah Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Yup, fastabiqul khoirot, berlomba-lomba dalam kebaikan adalah challenge akhirat. Challenge yang Allah berikan agar kita enggak diam berpangku tangan di dunia ini. Challenge yang bakal membuat seorang muslim dengan muslim yang lainnya berlomba untuk mendapatkan cinta Allah.

Pertanyaannya, kamu udah belum ikut challenge akhirat ini! Jangan-jangan selama ini kita sibuk mengejar challenge duniawi yang hadiahnya enggak seberapa dibanding yang Allah tawarkan dari challenge akhirat ini! Hayo, ngaku!

Oke ya, Sob, jika emang selama ini kita enggak nyadar terhadap challenge kece badai fastabiqul khoirot, saatnya kita berbenah. Kita mesti nyari atau bahkan bikin challenge akhirat. Misalnya: lomba karya tulis Islami, edit konten yang bermanfaat, dan lainnya.

Jika memang belum nemu, kita bisa gabung di komunitas-komunitas Islami yang bakal mem-push kita dalam kebaikan. Di komunitas ini biasanya kita bakal diingatkan untuk terus berada di jalan kebaikan. Enak bener ‘kan?

Jangan lupa ya, Bestie, kita mesti ambil bagian dari challenge yang Allah buat ini. Hadiah surga seluas langit dan bumi menanti. Jangan sampai ketinggalan ya! Hamasah! Semangat!

Batu, 30 September 2022

Dibaca

 26 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi