Stop Halu! Yuk Upgrade Dirimu

Kajian Remaja Muslimah Smart With Islam Leces, Kabupaten Probolinggo Kembali digelar pada hari Ahad, 25 September 2022 yang bertajuk “Stop Halu! Yuk Upgrade Dirimu” bertempat di Banjarsawah.

Kajian yang dihadiri lebih dari dua puluh muslimah remaja sekitar Probolinggo dibuka oleh Kak Ratna selaku MC dengan penuh semangat. Tak lupa untuk menambah keberkahan dalam kajian pagi itu, Kak Nabila melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu dan penuh kesyahduan.

Hadir pula Kak Afaf Millatusy Syahidah sebagai narasumber. Beliau menjelaskan tentang banyaknya permasalahan di dunia tempat kita tinggal tidak akan terselesaikan hanya dengan meng-halu. Banyak dampak yang ditimbulkan akibat sering meng-halu. Pertama, masalah tidak akan terselesaikan jika hanya dibayangin tanpa dikerjakan. Kedua, halu akan membuat kita menunda pekerjaan. Ketiga, angan-angan membuat kita mudah terlena oleh maksiat dan menjauhkan dari ketaatan. Keempat, dapat melupakan akhirat.

Semua itu terbukti dengan fakta bahwa banyak problematika yang terjadi di sekitar kita mulai dari permasalahan ekonomi hingga permaslahan politik. Seperti fakta bahwa 39,52% atau 51,79 juta penduduk usia 15 tahun keatas yang bekerja adalah perempuan. Permasalahan tersebut terjadi dikarenakan tidak adanya kepedulian di dalam diri terhadap negerinya.

Di tengah pemaparan materi, audiens diajak bermain game untuk menambah pemahaman tentang kepedulian terhadap sesama. Dengan menaiki kapal yang cukup kecil, harus bisa menampung semua audiens. Lalu diberikan gelombang-gelombang yang diumpamakan sebagai permasalahan dalam masyarakat. Para audiens saling mengeratkan satu sama lain agar tidak terguncang dan jatuh. Dari sini, kita bisa tahu bahwa dengan bersatu dan saling peduli akan memperkokoh suatu negara.

Agar bisa bangkit kembali, umat Islam harus berusaha menjadi umat terbaik yakni beriman kepada Allah Swt. dengan melaksanakan amar ma’ruf dan mencegah kemungkaran (nahi mungkar). Ada 5 cara mengupgrade diri dalam Islam. Pertama, dengan menyadarkan diri bahwa hidup tidak sekadar berangan-angan. Kedua, sibukkan diri dengan aktivitas berpahala. Ketiga, perkuat iman dengan menambah ibadah agar hidup makin berkah. Keempat, tambah ilmu agama dan selalu asah skill. Kelima, cari teman sejati yang juga belajar Islam agar kita tidak sendiri.

Selepas pemaparan materi, kemudian dilanjut dengan sesi pembagian doorprize dan ada yang spesial dari MTR kali ini yaitu “ES KRIM PARTY.” Terakhir diakhiri dengan penutupan dan doa oleh MC.

Wallahu a’lam bi ash-shawab.

(Reporter: Zulfa)

Dibaca

 36 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi