Pendidikan Terbaik untuk Generasi Terbaik

[Reportase]

Reporter: Latifah

Kajian Remaja Muslimah Smart With Islam Leces, Kabupaten Probolinggo kembali digelar pada hari Ahad, 24 Juli 2022 yang bertajuk “Pendidikan Terbaik untuk Generasi Terbaik” bertempat di Perum Leces Indah Blok A3/04, Banjarsawah.

Kajian yang dihadiri lebih dari dua puluhan muslimah remaja sekitar Probolinggo dibuka oleh Kak Nuril selaku MC dengan penuh semangat. Tak lupa untuk menambah keberkahan acara pagi itu, Kak Zulfa melantunkan ayat suci Al-Qur’an dengan merdu dan penuh kesyahduan.

Hadir pula Kak Inas Fauziah sebagai narasumber. Beliau menjelaskan tentang bagaimana pentingnya kita sebagai remaja muslimah membahas pendidikan. Pertama, karena remaja muslimah merupakan bagian dari orang yang pernah dididik (pernah mengenyam Pendidikan Dasar-hingga Perguruan Tinggi). Kedua, karena pendidikan adalah wadah dalam proses pembelajaran. Ketiga, karena remaja muslimah adalah calon ummu wa robbatul bayt (Ibu dan Pendidik Generasi). Keempat, karena dengan pendidikan lahirlah generasi pencetak peradaban gemilang.

Namun saat ini, banyak fakta yang memperlihatkan problematika yang lahir dari sistem pendidikan yang diterapkan saat ini. Seperti banyak siswa yang terjerat pergaulan bebas, mendapatkan pelecehan seksual, mahalnya biaya pendidikan, dihapuskannya frase agama dalam peta jalan pendidikan, diterapkannya moderasi beragama, kasus bullying di sekolah yang tak kunjung mereda, serta krisis identitas yang dialami oleh para generasi terdidik. Semua itu dikarenakan sistem pendidikan yang diterapkan hari ini berlandaskan asas sekularisme yang lahir dari Barat. Segala tolok ukurnya ditetapkan pada keuntungan dan aspek manfaat semata, lantas agama disingkirkan.

Padahal dalam Islam, telah jelas bagaimana negara mengatur terkait pendidikan, yakni setiap rakyat wajib belajar dan punya hak yang sama untuk mendapatkan fasilitas terbaik. Negara wajib memberikan fasilitas terbaik tanpa membebankan kepada rakyatnya. Selain itu, Islam punya pandangan bahwa pendidikan yang lahir dari pengaturan Islam harus mencetak generasi seperti yang Allah perintahkan, yaitu generasi yang bertakwa kepada Allah, menguasai ilmu pengetahuan, dan mampu memecahkan persoalan kehidupan dengan ilmunya.

Selepas pemaparan materi, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan pembagian doorprize. Serta di akhiri dengan penutup dan doa oleh MC.

Wallahu a’lam bi ash-shawab.

Dibaca

 19 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi