Partisipasi Pemuda dalam Forum Kajian Memperingati Bulan Kelahiran Nabi saw.

Reporter: Arifatun

Majelis Taklim Remaja Muslimah Leces menyelenggarakan kajian dengan tema “My Idol is My Rosul” untuk meneladani Rasulullah saw serta menjadikannya sebagai Uswah Hasanah pada hari Ahad, 24 September 2023. Diawal acara, kak Aya selaku host menyampaikan bahwa banyak orang Muslim saat ini termasuk juga di kalangan remaja mengikuti apa yang dilakukan oleh siapa saja yang mereka jadikan idola atau panutan. Kemudian kak Aya mengajak kepada para remaja yang hadir untuk menyimak dan memahami penjelasan terkait seseorang yang seharusnya dijadikan idola atau panutan. Forum tersebut diikuti oleh sekitar 20 remaja di wilayah Leces dan sekitarnya.

Dalam forum tersebut, kak Atika selaku pemateri menyampaikan bahwa fakta para Muslim hari ini khususnya remaja banyak mengidolakan atau menjadikan panutan pada mereka yang memiliki bakat, famous, dan lain sebagainya. Pemateri menyebutkan banyaknya fakta idola yang dipilih para remaja Muslim diantaranya para artis, seseorang yang memiliki bakat, jumlah fans yang besar ini dikarenakan jauhnya lingkungan di tengah-tengah kehidupan saat ini dari ajaran Islam sehingga seorang Muslim, para remaja khususnya tidak memiliki gambaran seperti apa seharusnya sosok yang harus dijadikan panutan.

Kemudian pemateri melanjutkan dengan menjelaskan bahwa sebagai seorang Muslim sudah diberikan oleh Allah sosok panutan yang luar biasa, sebagaimana yang telah disebutkan dalam Qs. Al Ahzab 21 sosok idola yang telah diberikan kepada umat Muslim yaitu Rasulullah saw. Sehingga yang perlu dan harus bahkan wajib dijadikan idola atau panutan adalah Rasulullah saw, karena beliau lah tauladan satu-satunya bagi umatnya. Berikutnya pemateri memaparkan bahwa seorang ilmuwan barat saja dalam bukunya yang berjudul “100 orang berpengaruh di dunia” menyebutkan Rasulullah di no 1, artinya tidak ada lagi yang patut dijadikan idola selain Rasulullah saw. Kemudian pemateri mengajak kepada peserta untuk menjadikan Rasulullah sebagai idola yang harus dan wajib untuk diikuti dan diteladani.

Wallahua’lam bi ash-shawaab.

Dibaca

 2 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi