Mengurai Simpul Besar dalam Islam


(Dari Mana, untuk Apa, dan Akan ke Mana Kita?)

Melihat semakin banyaknya fenomena kenakalan remaja saat ini yang membuktikan jauhnya remaja dari Islam, oleh karena itu komunitas muslimah embun hijrah mengadakan kajian remaja setiap bulannya secara offline sejak bulan September yang bertema Ngaji On The Road.

Pada hari Ahad, 13 November 2022 acara diadakan di Taman Wisata Tawun mulai pukul 09.00 WIB. Ngaji On The Road berkonsep acara santai namun serius. Acara dibuka oleh Kak Manda sebagai host dan diawali dengan perkenalan dari semua peserta dan panitia untuk menambah ukhuwah. Dilanjutkan membaca ayat suci Al-Qur’an bersama-sama yang dipimpin oleh Kak Kholifah selama 15 menit (lanjutan dari ayat terakhir bulan sebelumnya).

Sebelum beranjak ke materi untuk menambah semangat peserta diadakan outbound. Outbound kali ini peserta dibentuk menjadi 5 tim. Setiap tim diinstruksikan untuk mencari 4 clue yang telah disembunyikan panitia dengan waktu 10 menit. Clue tersebut yaitu 3 pertanyaan besar dalam hidup yaitu darimana, untuk apa dan akan kemana. Clue tersebut ada didalam kertas yang setiap tim harus mencari kertas tersebut sesuai dengan warna tim. Pencarian clue berlangsung seru dan hampir semua tim menemukan clue yang disembunyikan. Setelah waktu yang ditentukan berakhir, semua tim dipersilahkan untuk mendiskusikan jawaban dari clue yang didapatkan selama 10 menit.

Kemudian ketua tim menpresentasikan hasilnya. Jawaban dari peserta beragam yaitu dari tanah, dari Allah, hidup untuk beribadah, membaca Al-Qur’an, akan ke jalan Allah, ke akhirat, ke surga, dan lain sebagainya. Jawaban dari dua tim yang paling tepat mendapatkan doorprize.

Setelah istirahat dan minum, materi yang ditunggu-tunggu akan dimulai. Pada agenda Ngaji On The Road ini, setiap materi yang akan disampaikan dirahasiakan oleh panitia dan menjadi surprise sendiri bagi peserta yang mengikuti. Pada kesempatan Ngaji On The Road November ini, mengusung materi yang tidak jauh dari outbound, yaitu uqdatul kubro yang disampaikan oleh Kak Ayu.

Kak Ayu menyampikan tentang dari mana kita hidup, tujuan penciptaan, dan akan ke mana setelah kematian. Walaupun acara berkonsep santai dan disisipi dengan candaan sedikit, semua peserta tampak serius mendengarkan materi yang disampaikan Kak Ayu. Tak jarang Kak Ayu juga berinteraksi dengan peserta.

Tak terasa materi yang disampaikan oleh Kak Ayu telah selesai, acara kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab, sesi curhat, serta sambil menikmati makanan dan minuman yang tersedia. Acara ditutup dengan doa dan berjabat tangan. Sebelum pulang, semua peserta dipersilahkan untuk melihat stand bazar jilbab dan kerudung layak pakai. Bagi peserta yang membutuhkan dipersilahkan untuk membawa pulang secara cuma-cuma.

Reporter: Unix Yulia

Dibaca

 21 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi