Memaknai Kemerdekaan

Oleh Fitriyah P.
(Pemerhati Generasi Islam)

Kamilah Paiton, pada tanggal 21 Agustus 2022 bertepatan dengan hari Minggu menggelar acara kajian rutin yang kesekian kalinya. Hari Minggu biasanya banyak digunakan muda-mudi untuk hangout atau rebahan di rumah. Namun berbeda dengan para pemudi yang ada di daerah Paiton, Pakuniran, Kotaanyar, Kraksaan, dan sekitarnya. Banyak di antara mereka yang hadir dalam Kajian Muslimah Milenial (Kamilah) yang diadakan di Griya Mazaya. Kurang lebih 35 remaja putri hadir pada kajian tersebut. Mulai dari mereka yang masih sekolah di bangku SLTP sampai bangku kuliah.

Kajian diawali dengan perkenalan dan salam semangat dari host yang dipandu oleh Kak Julia. Setelah itu, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kak Husnia Meylani. Bertepatan dengan bulan Agustus, maka tema yang diangkat pada kajian kali ini adalah “Makna Merdeka bagi Muda Moody Hijrah”.

Kak Mey membahas tentang apa itu makna merdeka yang sesungguhnya. Dilihat dari segi makna bahasa dan dari sudut pandang Islam.

Peserta kajian diajak untuk melihat kondisi negeri saat ini. Apakah benar-benar telah merdeka atau belum? Dokumentasi dari berbagai fenomena anak muda saat ini disuguhkan oleh pemateri. Ternyata kondisinya jauh berbeda dengan masa ketika Islam berjaya, berbeda dengab masa saat Islam memimpin dunia.

Kemudian, peserta kajian juga mendapatkan paparan tentang bagaimana kualitas pemuda di masa Rasulullah. Para pemuda yang mengguncang dunia dengan akhlak mulia. Peserta pun diajak untuk kembali pada Islam secara jaffah agar mereka menjadi pemuda sehebat masa Rasulullah.

Setelah pemaparan materi tuntas, host memberikan beberapa game dan quiz. Ada banyak hadiah yang disediakan oleh panitia. Peserta kajian sangat antusias dalam mengikuti kajian ini terlebih untuk bisa menjawab quiz. Tak lupa diadakan sesi tanya jawab untuk memberi kepuasan pada peserta yang masih penasaran dengan materi yang dipaparkan. Selanjutnya, acara ditutup dengan doa dan foto bersama.

Harapan panitia dan komitmen dari peserta adalah berusaha untuk istiqomah mencari ilmu Islam sebagai bekal untuk menjalani kehidupan yang lebih baik sesuai dengan perintah Allah Swt. dan Rasulullah saw.

Wallahu a’lam bish shawab.

Dibaca

 22 total views,  2 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi