2024 Happy New Me

Reporter oleh Nida’ul jannah

Komunitas Hijrah Muslimah Smart With Islam Leces kembali mengadakan kajian rutin yang diadakan di setiap bulan. Mengawali tahun 2024, kajian kali ini mengusung tema 2024 Happy New Me. Acara tersebut dilaksanakan mulai pukul 08.30-10.30 WIB. Bertempat di Leces, Probolinggo (28/1/2024).
Walaupun cuaca sedikit mendung, namun peserta tetap antusias untuk menghadiri kajian. Kak Atika selaku pemandu acara menyapa peserta dengan menanyakan kabar dan apa yang ingin dicapai di tahun 2024 ini. Kajian yang dihadiri oleh remaja SD dan SMA ini dibuka dengan pembacaan Al Qur’an surah Arra’du ayat 9-11 yang dibacakan oleh salah satu peserta.

Selanjutnya pemaparan materi disampaikan oleh Kak Fila. Kak Fila memulai materinya dengan memaparkan berbagai kasus kerusakan yang dilakukan oleh remaja di tahun 2023 kemarin, seperti tawuran antarpelajar sampai terjadinya pembunuhan, kasus pacaran sampai kelewat batas, dan masih banyak lagi. Kak Fila menggambarkan memang seberani itu tindakan yang dilakukan remaja hari ini.

Kak Fila juga menjelaskan bagaimana seharusnya seorang muslimah membuat resolusi di tahun 2024 agar bisa mengupgrade diri menjadi versi yang baik di hadapan Allah. Kembali ke muslim identity, kembali ke identitas kita sebagai seorang hamba Allah. Kemudian kak Fila menambahkan tips apa saja yang perlu diperbarui agar menjadi diri baru yang lebih baik, antara lain:

1. Mempertahankan iman dan takwa dengan menjauhi dosa dan menjalankan perintah Allah, karena jika sudah dekat dengan Allah, maka akan mudah istikamah. Misalkan belajar menutup aurat dengan menggunakan kerudung (surah An-Nur ayat 31) dan memakai gamis (surah Al-Ahzab ayat 59).

2. Meningkatkan kualitas ibadah seperti salat sunah dan puasa sunah.

3. Menjaga lidah dan perilaku seperti sopan santun kepada orang lain dan tidak membicarakan keburukan orang lain.

4. Bersedekah dan berbuat kebaikan.

5. Mengendalikan nafsu seperti belajar untuk lebih menahan diri dan berpikir panjang. Misalkan tidak memaksakan kehendak dan berusaha tidak pacaran.

6. Meningkatkan pengetahuan Islam dan menyebarkan kebaikan Islam, seperti mendatangi kajian lalu mengajak teman untuk datang, karena Islam sudah sangat lengkap mengatur aktivitas kehidupan.

Acara dilanjut dengan sesi diskusi/tanya jawab. Pertama, Kak Fila ingin salah satu peserta menyebutkan 6 rukun iman. Kemudian salah satu peserta remaja dengan sedikit malu memberikan pertanyaan terkait hukum bertemu teman lawan jenis di jalan. Kemudian Kak Fila menjelaskan jika tidak sengaja bertemu berarti tidak apa-apa. Karena, Islam sudah mengatur pergaulan antara laki-laki dan perempuan dalam pendidikan, kesehatan, dan muamalah. Kak Fila juga mengajak peserta yang ingin tahu Islam lebih banyak untuk ikut kajian intensif yang diadakan sepekan sekali. Hal ini juga salah satu cara mengupgrade diri menjadi versi lebih baik.

Acara dilanjutkan dengan pembagian doorprise bagi peserta yang aktif dan ditutup dengan do’a yang dibacakan oleh Kak Aya. Acara diakhiri dengan foto bersama.

 

Dibaca

Loading

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi