Sepuluh Perkara Terkait Orang Munafik

Oleh. Ustaz Yuana Ryan Tresna

Allah Taala berfirman dalam QS At-Taubah Ayat 65-68:

وَلَئِن سَأَلْتَهُمْ لَيَقُولُنَّ إِنَّمَا كُنَّا نَخُوضُ وَنَلْعَبُ ۚ قُلْ أَبِٱللَّهِ وَءَايَٰتِهِۦ وَرَسُولِهِۦ كُنتُمْ تَسْتَهْزِءُونَ

“Dan jika kamu tanyakan kepada mereka (tentang apa yang mereka lakukan itu), tentulah mereka akan menjawab, “Sesungguhnya kami hanyalah bersenda gurau dan bermain-main saja”. Katakanlah: “Apakah dengan Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya kamu selalu berolok-olok?”

ا تَعْتَذِرُوا۟ قَدْ كَفَرْتُم بَعْدَ إِيمَٰنِكُمْ ۚ إِن نَّعْفُ عَن طَآئِفَةٍ مِّنكُمْ نُعَذِّبْ طَآئِفَةًۢ بِأَنَّهُمْ كَانُوا۟ مُجْرِمِينَ

“Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman. Jika Kami memaafkan segolongan kamu (lantaran mereka tobat), niscaya Kami akan mengazab golongan (yang lain) disebabkan mereka adalah orang-orang yang selalu berbuat dosa.”

ٱلْمُنَٰفِقُونَ وَٱلْمُنَٰفِقَٰتُ بَعْضُهُم مِّنۢ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِٱلْمُنكَرِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمَعْرُوفِ وَيَقْبِضُونَ أَيْدِيَهُمْ ۚ نَسُوا۟ ٱللَّهَ فَنَسِيَهُمْ ۗ إِنَّ ٱلْمُنَٰفِقِينَ هُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ

“Orang-orang munafik laki-laki dan perempuan, sebagian dengan sebagian yang lain adalah sama, mereka menyuruh membuat yang munkar dan melarang berbuat yang makruf dan mereka menggenggamkan tangannya. Mereka telah lupa kepada Allah, maka Allah melupakan mereka. Sesungguhnya orang-orang munafik itu adalah orang-orang yang fasik.”

وَعَدَ ٱللَّهُ ٱلۡمُنَٰفِقِينَ وَٱلۡمُنَٰفِقَٰتِ وَٱلۡكُفَّارَ نَارَ جَهَنَّمَ خَٰلِدِينَ فِيهَاۚ هِيَ حَسۡبُهُمۡۚ وَلَعَنَهُمُ ٱللَّهُۖ وَلَهُمۡ عَذَابٞ مُّقِيمٞ

“Allah mengancam orang-orang munafik laki-laki dan perempuan dan orang-orang kafir dengan neraka Jahanam, mereka kekal di dalamnya. Cukuplah neraka itu bagi mereka, dan Allah melaknati mereka, dan bagi mereka azab yang kekal.” (QS At-Taubah: 65-68)

Jadi orang munafik itu:
1. Orang-orang munafik itu gemar mengolok-olok Allah, ayat-ayat-Nya dan Rasul-Nya.

2. Ketika digertak, mereka mengaku hanya senda gurau dan main-main saja.

3. Orang-orang munafik itu adalah orang yang menyembunyikan kekafiran di dalam hatinya.

4. Permohonan maaf mereka hanyalah main-main.

5. Ciri orang-orang munafik adalah menyuruh kepada yang mungkar dan mencegah dari yang makruf.

6. Mereka menahan tangannya untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah dan tidak mau menunaikan kewajibannya. Karena “yaqbidhuna” yaitu kinayah bagi orang-orang bakhil yaitu menahan diri dari semua kebaikan.

7. Mereka orang yang lupa kepada Allah, dan Allah akan melupakan mereka.

8. Orang-orang munafik termasuk orang fasik, yakni keluar dari jalan yang benar ke jalan yang kesesatan, dari ketaatan kepada kemaksiatan, dari keimanan kepada kekafiran.

9. Allah mengancam orang-orang munafik dan orang-orang kafir dengan api neraka, mereka kekal di dalamnya.

10. Allah melaknat mereka dan laknat Allah bermakna mengutuk dan menjauhkan mereka dari Rahmat-Nya.

*
Sumber: Channel Muslimah

Dibaca

Loading

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi