Meraih Lailatul Kadar

Nuri, Bogor

Ramadan adalah bulan mulia, bulan penuh ampunan, di mana bulan Ramadan adalah bulan yang dilipat gandakan pahala. Kaum muslim sangat bergembira dengan kedatangan bulan mulia ini.

Bulan Ramadan bulan yang penuh berkah. Di dalam bulan Ramadan, ada malam yang mulia, lebih utama dari seribu bulan yaitu Lailatul kadar. Kaum muslim menantikan Lailatul Kadar karena pahala akan dilipatgandakan dan hanya ada di bulan Ramadan.

Lailatul Kadar pada Al-Qur’an dan As-Sunnah disebutkan memiliki nilai yang lebih baik dari seribu bulan. Sehingga, Lailatul Kadar disebut sebagai malam yang indah penuh kemuliaan. Bukan hanya itu, jika seorang muslim yang melaksanakan kebaikan pada Lailatul Kadar dianggap telah mengerjakan selama seribu bulan yakni sekitar 83-84 tahun.

Tidak ada satu pun manusia yang mampu memprediksi secara tepat kapan Lailatul Kadar datang. Karena begitu mulia dan agungnya Lailatul Kadar sehingga tidak terjangkau oleh nalar manusia.

Namun meskipun tidak dapat memprediksi kapan Lailatul Kadar itu datang, kita bisa mempersiapkan diri untuk bertemu dengannya. Caranya dengan mempersiapkan sejak awal Ramadan datang dengan memperbaiki ibadah kita.

Adapun amalan-amalan yang bisa dilakukan selain salat lima waktu yaitu sunah tarawih, qiyamullail, membaca Al-Qur’an, berzikir, berdoa memohon ampunan kepada Allah dan amalan-amalan sunah lainnya. Ini bisa kita kerjakan di rumah maupun ketika kita itikaf di mesjid jika memungkinkan.

Maka, harapannya di momen Lailatul Kadar ini kita memohon ampunan kepada Allah Swt., semoga Allah mengampuni dosa kita semua. Mari kita langitkan bersama-sama doa kita agar kaum muslim bangkit dari keterpurukan dengan menerapkan hukum Allah Swt., yaitu apa yang ada di dalam Al-Qur’an. Menjadikan Al-Qur’an sebagai aturan hidup dalam segala aspek kehidupan agar kita semua selamat di dunia maupun di akhirat, serta menjadi rahmat bagi seluruh alam.

 

 

Dibaca

Loading

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest
Pocket
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Artikel Terbaru

Konsultasi