Oleh : Ahmad Syahrin Thoriq
Ada sebagian kelompok yang memiliki pandangan bahwa nasihat kepada penguasa secara terbuka dianggap sebagai tindakan yang bertentangan dengan prinsip-prinsip syariat dan berpotensi menimbulkan kerusakan lebih besar dibandingkan dengan manfaatnya. Sehingga mereka menghukumi sebagai perbuatan haram.
Berikut beberapa argumen utama yang diajukan oleh kalangan ini.
1. Hadits yang memerintahkannya secara Sembunyi-sembunyi
Mereka berpegang pada hadis-hadis yang memerintahkan untuk menasihati penguasa secara tertutup. Salah satunya adalah hadis dari Nabi Muhammad ๏ทบ:
ู ููู โุฃูุฑูุงุฏู โุฃููู โููููุตูุญู ููุณูููุทูุงูู ุจูุฃูู ูุฑูุ ููููุง ููุจูุฏู ูููู ุนูููุงููููุฉูุ ูููููููู ููููุฃูุฎูุฐู ุจูููุฏูููุ ููููุฎููููู ุจูููุ ููุฅููู ููุจููู ู ููููู ููุฐูุงููุ ููุฅููููุง ููุงูู ููุฏู ุฃูุฏููู ุงูููุฐูู ุนููููููู ูููู
“Barangsiapa ingin menasihati penguasa, maka janganlah ia menampakkannya secara terang-terangan. Akan tetapi, hendaklah ia mengambil tangannya dan menyendiri bersamanya.
Jika penguasa itu menerima nasihatnya, maka itu adalah (kebaikan). Jika tidak, maka ia telah melaksanakan kewajibannya.” (HR. Ahmad).
2. Kisah Musa dan Firโaun
Kisah Nabi Musa ‘alaihis salam yang diutus oleh Allah taโala untuk memberikan peringatan kepada Fir’aun juga menjadi dalil selanjutnya agar menyampaikan nasehat secara baik dan tertutup.
Dalam Surah Taha ayat 43-44, Allah taโala berfirman kepada Musa dan Harun untuk mendatangi Fir’aun dan berbicara kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut.
ุงุฐูููุจูุง ุฅูููู ููุฑูุนููููู ุฅูููููู ุทูุบูู ูููููููุง ูููู ููููููุง ูููููููุง ููุนูููููู ููุชูุฐููููุฑู ุฃููู ููุฎูุดูู
โPergilah kamu berdua kepada Firโaun, Sesungguhnya Dia telah melampaui batas; Maka berbicaralah kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut, Mudah-mudahan ia ingat atau takutโ.
Kalangan ini berpendapat bahwa bahkan dalam berhadapan dengan seorang penguasa yang sangat dzalim seperti Firโaun sekali pun, Allah tetap memerintahkan kedua nabiNya untuk berbicara dengan cara yang lembut, apalagi dalam konteks seorang penguasa Muslim yang masih memiliki kebaikan. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan secara tertutup dan penuh kelembutan adalah lebih sesuai dengan adab syariat.
3. Nasihat Terbuka Dianggap sebagai Bentuk Khuruj (Pemberontakan)
Salah satu argumen yang kuat dari kalangan ini adalah bahwa nasihat secara terbuka bisa dianggap sebagai bentuk pemberontakan (khuruj) terhadap penguasa yang sah. Mereka berpendapat bahwa ketika kritik disampaikan secara terbuka, terutama di depan masyarakat awam, hal ini dapat memicu ketidakpercayaan kepada penguasa dan berujung pada ketidakstabilan politik.
Pandangan ini didasarkan pada sejarah pemberontakan yang terjadi dalam Islam, di mana nasihat yang tidak dilakukan dengan cara yang benar sering kali mengarah kepada perpecahan dan fitnah yang besar.
Sedangkan seorang muslim dituntut untuk tetap bersabar dalam menghadapi kedzaliman penguasa mereka. Dalam hadits, dari sahabat Hudzaifah al Yamani radhiyallahuโanhu beliau berkata, Rasulullah ๏ทบ bersabda :
ููููููู ุจูุนูุฏูู ุฃูุฆูู ููุฉู ููุง ููููุชูุฏูููู ุจูููุฏููููุ ููููุง ููุณูุชููููููู ุจูุณููููุชููุ ููุณููููููู ู ูููููู ู ุฑูุฌูุงูู ูููููุจูููู ู ูููููุจู ุงูุดููููุงุทูููู ููู ุฌูุซูู ูุงูู ุฅูููุณูยป. ููุชู: ููู ุฃุตูุนู ูุง ุฑุณููู ุงููู ุฅูู ุฃุฏุฑูุชู ุฐููุ ูุงู: ยซุชูุณูู ูุนู ููุชูุทููุนู ููููุฃูู ููุฑูุ ููุฅููู ุถูุฑูุจู ุธูููุฑููู ููุฃูุฎูุฐู ู ูุงููููุ ููุงุณูู ูุนู ููุฃูุทูุนู
“Akan ada setelahku para pemimpin yang tidak mengikuti petunjukku dan tidak mengikuti sunnahku, dan akan ada di antara mereka orang-orang yang berhati seperti hati setan dalam tubuh manusia.”
Aku bertanya: “Apa yang harus aku lakukan jika aku menemui keadaan seperti itu, wahai Rasulullah?” Beliau bersabda: “Engkau dengarkan dan taatilah pemimpin, meskipun punggungmu dipukul dan hartamu diambil, dengarkan dan taatilah.” (HR. Muslim)
Dalam hadits yang lain :
ุฎูููุงุฑู ุฃูุฆูู ููุชูููู ู ุงูููุฐูููู ุชูุญูุจูููููููู ู ููููุญูุจูููููููู ู ููููุตููููููู ุนูููููููู ู ููุชูุตููููููู ุนูููููููู ู ููุดูุฑูุงุฑู ุฃูุฆูู ููุชูููู ู ุงูููุฐูููู ุชูุจูุบูุถููููููู ู ููููุจูุบูุถููููููู ู ููุชูููุนููููููููู ู ููููููุนููููููููู ู ยป. ููููู ููุง ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃููููุงู ููููุงุจูุฐูููู ู ุจูุงูุณูููููู ููููุงูู ยซ ูุงู ู ูุง ุฃูููุงู ููุง ูููููู ู ุงูุตูููุงูุฉู ููุฅูุฐูุง ุฑูุฃูููุชูู ู ู ููู ูููุงูุชูููู ู ุดูููุฆูุง ุชูููุฑูููููููู ููุงููุฑููููุง ุนูู ููููู ูููุงู ุชูููุฒูุนููุง ููุฏูุง ู ููู ุทูุงุนูุฉู
โSebaik-baik pemimpin kalian adalah yang kalian mencintai mereka dan mereka pun mencintai kalian. Mereka mendoโakan kalian dan kalian pun mendoโakan mereka. Sejelek-jelek pemimpin kalian adalah yang kalian membenci mereka dan mereka pun membenci kalian, juga kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian.โ
Kemudian ada yang berkata, โWahai Rasulullah, tidakkah kita menentang mereka dengan pedang?โ Rasulullah shallallahu โalaihi wa sallam bersabda, โTidak, selama mereka masih mendirikan shalat di tengah-tengah kalian. Jika kalian melihat dari pemimpin kalian sesuatu yang kalian benci, maka bencilah amalannya dan janganlah melepas ketaatan kepadanya.โ (HR. Muslim)
4. Menyamakan dengan demonstrasi yang dianggap mendatangkan kerusakan
Sebagian kalangan ini juga menyamakan nasihat terbuka itu dengan demonstrasi yang sering dianggap mendatangkan kerusakan dan keresahan di tengah masyarakat. Mereka menilai bahwa demonstrasi dan kritik terbuka tidak sejalan dengan etika syariat, karena dapat memicu kebencian, memecah belah persatuan umat, dan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar.
Bahkan, mereka menyebutkan bahwa demonstrasi yang dilakukan dengan tujuan menasihati penguasa sering kali berakhir dengan bentrokan, kerusuhan, dan ketidakamanan, sehingga hasilnya jauh lebih buruk dibandingkan dengan tujuan awal yang ingin dicapai.
5. Mengikuti Prinsip yang Diajarkan oleh Ulama Salaf
Yang menjadi alasan selanjutnya adalah bahwa para ulama salaf dan imam-imam kaum muslimin seperti Imam Ahmad bin Hanbal, Sufyan ats Tsauri dan deretan nama lainnya lebih memilih menasihati penguasa secara tertutup.
Hal ini karena mereka sangat berhati-hati terhadap dampak buruk yang dapat timbul dari tindakan tersebut, khususnya pada masa-masa sensitif di mana perpecahan dan fitnah sangat mudah menyebar. Dalam pandangan mereka, tindakan menasihati secara terbuka yang dapat memicu keresahan tidak sesuai dengan metode yang dianut oleh para ulama salaf, yang lebih mengutamakan keamanan dan kestabilan.
๐๐ฎ๐๐ฎ๐ฏ๐ฎ๐ป ๐๐ฒ๐ฟ๐ต๐ฎ๐ฑ๐ฎ๐ฝ ๐ฎ๐ฟ๐ด๐๐บ๐ฒ๐ป ๐๐ฒ๐ฟ๐๐ฒ๐ฏ๐๐
Apa yang telah dijabarkan di atas yang menjadi argument kalangan yang melarang mengkritik atau menasehati penguasa secara terbuka, telah dibantah oleh para ulama dan telah ditunjukkan beberapa sisi kelemahan pendalilan yang mereka gunakan….
Ingin menyimak bahasan ini secara lengkap dari A sampai Z ? Segera terbit buku tulisan kami yang berjudul : BERDIRI TEGAK DI HADAPAN PENGUASA – ketika nasehat harus terbuka.