Kiat Memandikan Bayi Usia 6 – 12 Bulan

Kegiatan memandikan bayi merupakan rutinitas kaum ibu yang mempunyai bayi. Kegiatan ini rupanya tidak selalu menyenangkan. Tidak jarang harus disertai drama yang menguras emosi Bunda. Oleh karena itu perlu kita ketahui bagaimana cara yang baik dalam memandikan bayi usia 6-12 bulan ini. Hal ini agar kegiatan mandi menjadi kegiatan yang menyenangkan baik bagi bayi maupun bundanya.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan ya Ayah Bunda:
1. Gunakanlah air hangat untuk merendam bayi.
Pastikan air tidak terlalu panas ya Bunda. Sebelum memasukkan bayi ke dalam bak mandi, cobalah terlebih dahulu merasakan kehangatan air dengan menggunakan kulit Bunda. Atau agar lebih aman, gunakanlah termometer kertas.

2. Pada saat mengajak bayi untuk mandi, ajaklah bayi berbicara dengan ekspresi wajah yang menyenangkan. Jangan lupa gunakan pula intonasi suara yang riang gembira. Harapannya agar suasana kegembiraan dan ceria ini bisa menular kepada bayi.

3. Pada saat memandikan bayi, ajaklah bayi bercerita atau berbicara. Harapannya agar bayi bisa merasakan suasana yang seru dan menyenangkan pada saat dimandikan.

4. Gunakanlah handuk yang lembut atau waslap yang lembut untuk membersihkan bagian-bagian tubuh bayi. Usaplah dengan hangat.

5. Berikanlah waktu kepada bayi untuk menikmati suasana kehangatan di dalam bak air yang airnya hangat. Jika dirasa aman, Ayah Bunda juga bisa menyediakan mainan plastik di dalam bak mandi bayi. Biarkanlah bayi sejenak bermain di dalam bak mandinya.

6. Apabila ada bagian tubuh bayi yang Ayah Bunda merasa agak ragu bagaimana cara membersihkannya, misalnya bagian tubuh tertentu yang ada masalah penyakit, jangan ragu-ragu untuk berkonsultasi dengan dokter anak.

Demikian beberapa cara yang bisa kita gunakan dalam memandikan bayi usia 6-12 bulan. Semoga bermanfaat ya Ayah Bunda.

Sumber : https://karimafood.com/kiat-memandikan-bayi-usia-6-12-bulan/

Dibaca

 56 total views,  1 views today

Bagikan tulisan ini agar semakin bermanfaat

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Share on pocket
Pocket
Share on whatsapp
WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*

code

Artikel Terbaru

Konsultasi